4 Mitos Konyol Tentang Senjata Api Yang Semua Orang Percayai (Karena Film)

Halo semuanya, senang bisa bertemu lagi hehe, kali ini aku akan membahas tentang (baca judul), langsung aja ya . . . .

#4. Silencer Bisa Meredam Suara Tembakan Menjadi Seperti Orang Bersiul

Bagi yang gak tau silencer itu apa, (yang cowok rata rata tau nih, apalagi yg hobi maen CS) pernah nonton film James Bond belum ??
Itu lhoh, kayak tabung kecil lonjong yg dipasang di moncong senjata (pistol biasanya) yang MITOSnya bisa merubah suara "DOOOOOOR !!" jadi "crut . ."

(waduh)

Masalahnya adalah:

Bagi yg pernah denger pasti tau sekeras apa suara bubuk mesiu saat diledakkan, sangat keras, sekeras suara mesin jet.
Tabung metal kecil tadi tentu saja tidak akan mampu meredam suara sekeras itu, suara pistol yang tidak terredam sekitar 140-160 decibel (cukup untuk membuatmu tuli walau hanya mendengarnya sekali), sementara suara pistol yang terredam sekitar 120-130 decibel, masih sekeras suara bor aspal 8o

Jadi sesungguhnya, Silencer hanya membuat senjata yg besar terdengar seperti senjata kecil.
Lalu kenapa harus ada silencer ? Tujuan utamanya adalah membingungkan musuh, suara senjata api yang teredam, akan membuat sang penembak susah terdeteksi menembak dari arah mana
(NB: Kalo perangnya outdoor dan berisik, kalo indoor dan senyap ya. . . 8o)

#3. Senapan Mesin Adalah Mesin Pembunuh Tanpa Isi Ulang (emange nganggo pulsa? -,-)

Yaaaah . . Mungkin banyak dari kalian yg menyadari ini, pernah nonton Rambo kan ??
Pernah merhatiin berapa ratus atau mungkin berapa ribu peluru yang di tembakin si rambo ke arah musuhnya sebelum akhirnya dia ngisi peluru lagi ?? (atau mungkin gak ngisi sampe filmnya selesai -_-)
Atau mungkin film koboi dengan pistol revolver ?? (yang harusnya) isinya cuman 6 peluru tapi kadang bisa sampe 10 bahkan 15 peluru ??
Entah kenapa di film tembak tembakan kalo si karakter utama udah dapet senapan mesin pasti ngedan kaya pelurunya dari angin aja

Masalahnya adalah:

Senapan mesin auto cepet banget ! Sekitar 700 peluru per menit, tapi satu magazine isinya cuman 30 peluru, kalo ditembakkin semua tanpa pake berhenti, bakal habis dalam waktu 4 detik. Faktanya, rata rata tentara di dunia cuman bawa total 210 peluru, artinya 7 kali isi ulang. Matematika dikit, kalo tentara tadi ngamuk yang nembak, dia bakal kehabisan semua pelurunya dibawah 1 menit.
Sekarang tak tanya, emangnya ada ya, perang yg cuman 1 menit terus selesai ? -_-

Tapi tunggu ! Aku pernah lihat rekaman perang di Iraq, mereka menggila dan menembak ke segala arah menggunakan senapan mesin !

Sebenarnya, tembakan ke segala arah itu, hanya untuk membuat musuh tetap berlindung, sementara teman-temannya bergerak.
Faktanya, di perang Iraq atau Afghanistan, setiap 1 pemberontak yang terbunuh, 250.000 peluru ditembakkan dan tidak mengenai apapun !!
Bayangkan, 3 ton amunisi di sia-siakan hanya untuk membunuh 1 orang 8o

#2. Rompi Anti Peluru Benar-Benar Anti Peluru !


Seperti yg terlihat di:

Black hawk down, hampir di semua game Call Of Duty series

Rompi Anti Peluru, sebuah rompi yang (sepertinya) bisa melindungi pemakainya dari segala bahaya yang melibatkan peluru
Terbuat dari material ringan yg kuat bernama Kevlar
Di film perang modern, jalan cerita bisa ditentukan oleh rompi ini, entah karakter utamanya yg mati tertembak karena lupa pake rompinya, figurannya yang rompinya kekecilan, atau mungkin sutradaranya yang kena peluru nyasar (?)

Tetapi nyatanya:

Kevlar tidaklah sekuat itu !!
Kevlar untuk polisi hanya dibuat untuk menahan peluru dari pistol, itu saja tidak boleh lebih dekat dari 14 meter, pistol lho, gmana kalo penjahatnya malah pake pisau (?)
Oh iya, meskipun peluru yg ditembakkan tadi sudah teredam oleh kevlar, ternyata tubuh masih bisa merasakan efek sampingnya (contoh: gatal-gatal, ya nggk lah) biasanya memar dan luka (agak) dalam

Gimana kalau penjahatnya pake senjata yg lebih JUMBO ??
Ada 1 Body Armor lagi yg didesain khusus untuk tentara yg berada di daerah konflik dimana mereka menghadapi para pemberontak yg menggunakan senjata apa adanya (contoh: bazooka) yg diberi nama Dragon Skin, jauh lebih kuat dari Kevlar karena DS terbuat dari keramik
Tapi yaaah, 60% dari mereka memilih untuk tidak memakainya (mungkin karena beratnya yg mencapai 30 kilogram 8o)

Faktanya, hingga saat ini tidak ada satupun Armor yang bisa memberikan perlindungan penuh terhadap pemakainya (bahkan baju penjinak bom yg beratnya 60 Kg dan terbuat seluruhnya dari keramik dan logam)

#1 Peluru Bisa Membuat Segala Benda Meledak !!

Seperti yang terlihat di:

Die Hard series, James Bond (lagi), hampir di setiap film aksi yg ada adegan tembak-tembakannya

Yak, seperti yang terlihat di film, si karakter nembak mobil terus meledak, nembak tabung gas meledak, entah kenapa setiap sutradara film aksi seperti seorang maniak ledakan (tanya kenapa?)

Tapi sesungguhnya:

Tabung gas dan apapun itu tidaklah semudah itu diledakkan, sekarang lihatlah di berita, belum pernah adakan kasus tabung LPG meledak waktu dibawa atau ditaruh atau mungkin dibanting?
Sebenarnya tabung meledak karena ada kebocoran, mereka punya standar keamanan (kalau tidak begitu, mungkin setiap ayahmu atau kamu menaruh tabung gas dengan agak keras, akan ada pertunjukkan kembang api di rumahmu yg mengakibatkan bagian tubuhmu berhamburan ke rumah tetangga)

Banyak yang mengatakan kalau "Film adalah cerminan kehidupan" tapi yah . . memang tidak semuanya benar
Terimakasih bagi para pembaca atas waktunya membaca artikel jayus dari penulis ini

Sekian, semoga bermanfaat, Assalamualaikum
1 Response
  1. very useful, siapa yau nanti kita tempur ama negara tetangga...(dont believe me)